26.7 C
Jakarta
Senin, 15 April 2024

BNPT Terima Kedatangan WGWC

Jakarta – Deputi Bidang Kerjasama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Andhika Chrisnayudhanto, menerima kedatangan Steering Committee Working Group on Women and Preventing or Countering Violent Extremism (WGWC) beserta tim panitia Konferensi Nasional dan Konvensi WGWC 2024, Jumat (16 Februari 2024). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ruby Kholifah, Taufik Andrie, Debbie Affianty sebagai anggota SC WGWC, serta Khariroh Maknunah dan Neny Adamuka sebagai anggota tim panitia.

“Alhamdulillah, hari ini tim Steering Committee WGWC dan tim panitia Konferensi Nasional dan Konvensi WGWC 2024 diterima oleh Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT, Andhika Chrisnayudhanto, di kantornya,” ujar Ruby Kholifah setelah pertemuan.

Dalam kesempatan tersebut, diungkapkan bahwa konferensi WGWC yang akan datang akan mengangkat tema “Perempuan, Agensi, dan Pemberdayaan dalam Melawan Ekstremisme Kekerasan”. Acara tersebut direncanakan berlangsung di Kota Purwakarta, Jawa Barat pada tanggal 5-6 Mei 2024.

”Konferensi akan terbuka untuk umum, jadi semua orang diundang untuk hadir di Kota Purwakarta. Kami juga akan menyelenggarakan Exposure visit untuk mengetahui lebih dalam tentang kota yang unik ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Konferensi Nasional dan Konvensi WGWC 2024, Khariroh Maknunah, menjelaskan bahwa WGWC telah aktif memperkuat pengarusutamaan gender dalam pencegahan atau penanggulangan ekstremisme kekerasan sejak tahun 2017. WGWC mengadopsi kerangka kerja Women, Peace and Security (WPS) untuk membaca perkembangan radikalisme dan merumuskan strategi peningkatan kepemimpinan serta partisipasi perempuan dalam berbagai aspek.

”WGWC meyakini bahwa memperkuat agensi perempuan sangat penting untuk membentuk masyarakat yang lebih inklusif dan adil. Pemberdayaan ini diharapkan memiliki dampak positif pada upaya deradikalisasi, memfasilitasi reintegrasi individu ke dalam masyarakat, dan mendukung proses pemulihan bagi korban terorisme secara berkelanjutan,”pungkasnya.

Pada agenda yang akan digelar pada Mei 2024, aka nada tiga agenda yaitu
exposure visit, konferensi nasional dan konvensi WGWC. Untuk exposure visit, peserta akan diajak mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan ikonik di Purwakarta. Sedangkan pada agenda konferensi nasional, menjadi ajang penting untuk merancang strategi yang efektif untuk mencapai tujuan perdamaian dan pencegahan ekstremisme yang responsif gender.

Forum publik sehari ini akan mengundang pemerintah nasional dan daerah, mitra, jaringan, alumni program, lembaga donor, dan mitra pembangunan. Terakhir, agenda konvensi WGWC menjadi mempertemukan para pendiri, Steering Committee, dan mitra WGWC yang. Tujuan konvensi ini utamanya adalah untuk merefleksikan perjalanan WGWC selama 6 tahun.

TERBARU

Konten Terkait