26.4 C
Jakarta
Jumat, 14 Juni 2024

DASPR Gelar Seminar Pencegahan Radikalisme di Kalangan Pemuda

Jakarta, 23 Desember 2023 – Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) mengadakan serangkaian seminar Pencegahan Radikalisme di Kalangan Pemuda di Hotel Accacia, Jakarta Pusat, Sabtu (23 Desember 2023). Acara tersebut membahas isu-isu krusial terkait pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Menurut peneliti DASPR, Erni Kurniati, seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ancaman radikalisme dan terorisme serta merangsang kolaborasi antara berbagai pihak untuk mencegah perkembangannya di Indonesia. “Pada seminar ini mengangkat isu tentang rentannya para remaja atau pemuda masuk ke dalam jaringan esktrem dan peran pemuda dalam penyebaran radikalisme melalui media sosial,” ujar Erni.

Dalam seminar tersebut, dibahas bagaimana upaya pihak Kepolisian untuk mencegah para remaja atau pemuda agar tidak mudah mempercayai informasi, terutama pada informasi yang belum terverifikasi. Sehingga diharapkan radikalisme yang tersebar melalui media sosial dapat diminimalkan. Bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, POLRI juga menjalnkan program deradikalisasi di masyarakat.

Erni mengatakan, seminar ini juga menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dari berbagai pihak, termasuk dari para mantan pelaku terorisme. “Pengetahuan dan pengalaman dari para mantan pelaku terorisme sangat berharga untuk mencegah radikalisme di kalangan pemuda,” ujar Erni.

Seminar ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk dari kalangan akademisi, aktivis, jurnalis, dan perwakilan dari lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah. Erni berharap, seminar ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia. Dalam agenda ini menghadirkan dua orang narasumber. Pertama, Febri Ramdani, S.S. yang merupakan Returni Suriah, Ex Korban Propaganda ISIS, Penulis di Ruangobrol.id. Kedua, perwakilan Polri Pembinaan Masyarakat.

TERBARU

Konten Terkait