26.7 C
Jakarta
Senin, 15 April 2024

Sosialisasi FOSPETA di Bandung Sukses Digelar

Bandung – Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) sukses menggelar sosialisasi Forum Silaturahmi Perempuan Tangguh (FOSPETA) di Bandung, Sabtu (2 Desember 2023). Acara yang dihadiri oleh sembilan istri maupun ibu mantan narapidana terorisme binaan DASPR dalam program Resiliensi Keluarga area Bandung pada 2021, lalu. Acara dibuka dengan ramah tamah yang dipimpin oleh Erni Kurniati dan Husna Mitsali, dua fasilitator utama dalam kegiatan ini.

Acara berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta. Dalam kesempatan ini, Erni memimpin untuk mengingatkan kembali materi di lokakarya 2021. Kemudian, ada tiga peserta yang merespons terkait kebermanfaat acara DASPR dan begitu terkenang serta berdampak positif bagi kehidupan mereka Setelah itu, sesi dilanjutkan dengan memperkenalkan FOSPETA yang dipimpin oleh Asmawati.

Asmawati menjelaskan tentang FOSPETA. Mulai dari visi dan misinya, pengurusn, dan kegiatan yang sudah dilakukan. Pada sesi ini juga diberikan ruang kepada peserta untuk merespons. Dalam sesi harapan, peserta diberikan sticky note untuk menuliskan harapan-harapannya untuk FOSPETA dan DASPR. Salah satu peserta, Yani, memberikan demo produknya dan bersedia untuk memberikan pelatihan kepada para ibu untuk melakukan pelatihan tata boga. ”Perlu ada ruang untuk ibu-ibu bekerjasama untuk membuat produk,” tegasnya.

Sesi dilanjutkan dengan “mengenal diri”. Fasilitator agenda, Erni Kurniati menjelaskan apa manfaat mengenal diri dan kemudian dilanjutkan oleh Husna untuk membantu peserta mengerjakan lembar kerja “Peran dan Kebutuhanku”. Dari agenda ini, terdapat rekomendasi, agar membuat pelatihan wirausaha untuk pemberdayaan para istri dan keluarga perempuan mantan narapidana terorisme.

“Kami sangat senang dengan antusiasme para peserta dalam sosialisasi ini. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi para istri dan ibu mantan narapidana terorisme untuk saling berbagi pengalaman dan dukungan, serta menemukan potensi diri mereka,” ujar Erni.

Di tempat yang sama, Fasilitator lainnya, Husna menekankan rekomendasi yang ada dalam agenda akan segera ditindaklanjuti. “Kami juga akan segera menindaklanjuti harapan-harapan para peserta, salah satunya dengan mengadakan pelatihan wirausaha. Kami berharap pelatihan ini dapat membantu para peserta untuk meningkatkan perekonomian keluarga mereka,” pungkasnya.

TERBARU

Konten Terkait